Satuan Pendidikan : SD 1
Sipoholon
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester :
III (Tiga)/ 1 (Satu)
Materi Pokok
: Allah Hadir dalam Alam Semesta
Pertemuan : 1 x Pertemuan
Alokasi Waktu : 2 x 4 JP
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menerima dan menjalankan agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda benda yang dijumpai
dirumah dan disekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kehadiran
Allah melalui iklim dan gejala-gejala alam
1.2
Menunjukkan kepedulian
terhadap iklim dan gejala-gejala alam
3.1
Menceritakan kehadiran Allah dalam iklim dan
gejala-gejala alam
4.1
Menerapkan sikap
kepedulian terhadap iklim dan gejala-gejala
alam
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mensyukuri
kehadiran Allah dalam alam semesta
·
Menyebutkan
berbagai ciptaan Allah semua berguna bagi manusia
·
Menceritakan cara
mensyukuri kehadiran Allah dalam alam semesta
·
Menunjukkan
perilaku bersyukur dengan berbagai cara (membuat puisi, doa pendek, atau
gambar)
D. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa akan dapat
mensyukuri kehadiran Allah dalam alam semesta
·
Siswa akan dapat
menyebutkan berbagai ciptaan Allah semua berguna bagi manusia
·
Siswa akan dapat
menceritakan cara mensyukuri kehadiran Allah dalam alam semesta
·
Siswa akan dapat
menunjukkan perilaku bersyukur dengan berbagai cara (membuat puisi, doa pendek,
atau gambar)
E. Materi Pembelajaran
Allah hadir dalam Alam semesta dan Mensyukuri anugrah
Allah
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model Pembelajaran
: Penemuan
Metode : Ceramah, bercerita,tanya jawab dan Penugasan
G. Media, Alat dan Sumber belajar
·
Media : gambar
·
Alat : Spidol dan
Whitebord
·
Sumber belajar :
Alkitab dan Kidung Jemaat ,Buku pegangan guru dan siswa pendidikan agama
Kristen dan budi pekerti kelas III.
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan :
· Salam
· Ibadah : Bernyanyi Kp; Alam Raya Berkumandang, Bedoa.
· Absensi : Melihat kehadiran Murid
· Apersepsi :Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran ;
· Mempersiapkan alat peraga/alat bantu bisa
berupa tulisan atau gambar di papan tulis/white board.
|
20
menit
|
2
|
Kegiatan
inti :
1.
Mengamati
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan sesuai dengan materi.
·
Siswa secara individu
mengamati gambar yang ada di buku
2. Mengeksplorasi
·
Setelah mengamati gambar
tersebut siswa diberikan kesempatan bertanya sebanyak mungkin tentang gambar
yang sudah diamati.
·
Siswa diminta untuk
menceritakan pengalamannya sebanyak mungkin tentang alam sekitarnya. Guru
bertanya kepada siswa untuk memungkinkan apakah siswa itu sudah pernah
mengamati lingkungan sekitarnya.
·
Guru menceritakan keagungan
penciptaan alam semesta kemudian meminta peserta didik untuk membaca Alkitab
yang ada dibuku siswa.
3. Mengasosiasikan
·
Siswa diminta untuk
menuliskan kebaikan-kebaikan Tuhan dalam setiap ayat Alkitab.
4.Mengkomunikasikan
·
Peserta didik diajak
bernyanyi bersama berulang-ulang dengan bervariasi. Kemudian peserta didik
diminta untuk menceritakan isi lagu bait demi bait dengan kata-katanya
sendiri selanjutnya menuliskan perasaannya dengan lagu tersebut.
|
30 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru memimpin sharing bersama siswa, dan menyimpulkan materi yang
dipelajari.
·
Guru
melakukan evaluasi
·
Guru
mereview kembali
·
Guru
melakukan ibadah penutup
|
20 menit
|
1. Penilaian Hasil belajar
Guru melakukan penilaian
peserta didik dalam kegiatan:
1.
Pada saat peserta didik berdiskusi
Cara
penilaiannya sebagai berikut:
No.
|
Nama
Peserta
Didik
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
Maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek dan cara penilaian:
a. Kejelasan dan kedalaman informasi
1) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan
kedalaman materi lengkap dengan sempurna, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan
kedalaman materi lengkap dengan kurang sempurna, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan
kedalaman materi kurang lengkap, skor 10.
b. Keaktifan dalam diskusi
1) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi,
skor 30.
2) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi,
skor 10.
c. Kejelasan dan kerapian presentasi
1) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat
jelas dan rapi, skor 40.
2) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas
dan rapi, skor 30.
3) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat
jelas dan kurang rapi, skor 20.
4) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang
jelas dan kurang rapi, skor 10.
2. ”Refleksi Tingkah Laku”
Cara penilaiannya sebagai berikut:
No.
|
ASPEK
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Perencanaan
a. Persiapan
b. Rumusan Judul
|
|
|
|
|
2.
|
Tahapan Proses Pembuatan
a. Sistimatika penulisan
b. Keakuratan sumber
data
c. Analisis data
d. Penarikan kesimpulan
|
|
|
|
|
3.
|
Tahap Akhir
a. Performans
b. Presentasi/Penguasaan
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
|
Keterangan
penilaian:
4
= sangat baik
3
= baik
2
= cukup baik
1
= kurang baik
Nilai akhir yang diperoleh
oleh peserta didik adalah:
a. Nilai sikap: rata-rata
” Refleksi Tingkah Laku”
b. Nilai pengetahuan:
nilai rata-rata pilihan ganda, essay
c. Nilai Keterampilan:
nilai diskusi dan tugas
Sipoholon
.., ..., 2019
Mengetahui
Kepala SDN Guru
MP. PAK
N.Naenggolan SPd cahaya
sianturi
Nim.
16.04.11.6478
Comments
Post a Comment