LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG


PADA PT.MANALU JAYA TRAVEL AND TOUR

D
I
S
U
S
U
N

                                               NAMA           : SURNENI WIDIA SILITONGA
                                               NIM                : 14330062



PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER MEDICOM
MEDAN
2017






PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTERMEDICOMMEDAN
PENGESAHAN LAPORAN MAGANG
PADA PT.MANALU JAYA TRAVEL & TOUR

Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu syarat dalam menyelesaikan jenjang pendidikan Diploma 3 pada Program Studi Komputerisasi Akuntansi

Nama :SURNENI WIDIA SILITONGA
Nim       :14001362
Program Studi           :KOMPUTERISASI AKUNTANSI
        Akademi             :AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA
KOMPUTER MEDICOM
        Tempat Magang  :PT.MANALU TRAVEL TOUR

                                                Medan,16 Februari 2017
                                                            Disetujui oleh

Dosen Pembingbing                                                            Kepala Pimpinan



(MARTA SITORUS,S.KOM)                                            (CHARLES MANALU)
NIDN:
Menyetujui,
KetuaProgram Studi Komputerisasi Akuntansi



(Maruli Pandapotan Sinaga,S,Pd)
NIDN:01-2810-8301




KATA PENGANTAR
Puji  syukur Penulis  ucapkan kepada Tuhan  Yang Maha Esa  yang telah memberikan kesehatan,kekuatan dan kesempatan serta rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Program Pengabdian Masyarakat(PPM) di PT.Manalu Jaya Travel and Tour tepat pada waktunya.
Penulis Program Pengabdian Masyarakat / MAGANG bertujuan untuk memberikan nilai-nilai mahasiswa sehingga lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Dan ini juga merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari pendidikan  AMIK D-III MEDICOM Program studi KOMPUTERISASI AKUNTANSI.
Laporan ini membalas tentang hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat / MAGANG yang telah dilaksanakan di PT.Manalu Jaya Travel and Tour yang mana program pelaksanaan ini dilaksanakan untuk membekali mahasiswa dalam pengabdian 3b yakni Brain (Ilmu pengetahuan),beauty (penampilan), Behaviour (perilaku) yang diperoleh dibangku perkuliahan.
Dalam menyelesaikan laporan ini,penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak baik secara materi maupun saran.Sehingga mempermudah penulis dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dalam pembuatan laporan ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Kepada Ayah dan Ibu saya yang telah banyak memberikan kasih sayang dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini baik secara materi dan juga dukungan maupun doa.
2.      Bapak dr.Reinhard Silalahi,selaku pemimpin dari AMIK MEDICOM
3.      Bapak Kamson  Sirait S.T selaku pemimpin dari AMIK MEDICOM
4.      Bapak,s.kom selaku ketua program studi KOMPUTER AKUNTANSI
5.      Ibu Marta sitorus,s.kom  selaku Dosen Pembingbing
6.      Bapak Charles  manalu Owner selaku pembimbing perusahaan di PT.Manalu Jaya Travel and Tour
7.      Rekan-rekan kerja yang ada di PT.Manalu Jaya Travel and Tour
8.      Kakak Sarma selaku kakak wali KA-2C yang selalu memberi semangat dana dorongan dalam mengerjakan laporan Program Pengabd  MAGANG ini.
9.      Seluruh teman-teman di grup KA-2C yang selalu memberi semangat
10.  Seluruh pihak yang turut membantu saya dalam menyelesaikan laporan Program Pengabdian Masyarakat / MAGANG ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis juga menyadari bahwa Laporan Pengabdian Masyarakat (PPM) /MAGANG ini, masih jauh dari kesempurnaaan. Untuk itu  penulis mengharapkn kritik dan saran yang bersifat membangun dalam penyempurnaan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) / MAGANG ini. Dan semoga Laporan MAGANG  ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan Ilmu pengetahuan pada masa yang akan datang.
Demikian penulis menyusun laporan ini dengan harapan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi penulis sendiri.


                                                                                              




Medan,16 Februari 2017
                                                                                              


                                                                                Surneni Widia Silitonga
                                                                                NIM :14330062











BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar BelakangPelaksanaan Magang
            Program Pengabdian Masyarakat merupakan penempatan seseorang pada lingkungan kerja nyata. Hal ini dibuat untuk mengembangkan keterampilan dan etika dalam dunia kerja serta tanggung jawab pada tugas yang diberikan kepada kita dan kesempatan untuk mempraktekkan hal apa yang telah dipelajari selama perkuliahaan.
            Untuk merealisasikan tujuan tersebut  AMIK Medicom menempatkan suatu program yang wajib diikuti  oleh  mahasiswa/I yaitu Program Pengabdian Masyarakat melihat situasi kerja yang sesungguhnya di PT.Manalu Jaya Travel and Tour ,Dengan adanya Program Pengabdian Masyarakat ini saya benar-benar berhadapan dengan masalah yang sesungguhnya  dan dituntut untuk menguji keterampilan ,kecermatan ,ketelitian, serta kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas yang diberikan kepada kita.
           
1.2       Tujuan Program Pengabdian Masyarakat
Tujuan  Program Pengabdian Masyarakat bagi mahasiswa  adalah:
1.      Untuk melatih mental mahasiswa/I untuk bersikap lebih dewasa dan bertanggung jawab dalam melaksanakan suatu tugas yang diberikan kepada kita.
2.      Mempersiapkan dan memperkenalkan mahasiswa/I pada lingkungan pekerjaan yang nyata.
3.      Membutuhkan mengembangkan dan memantapkan sikap profesional yang diperlukan mahasiswa/I untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan kemampuannya.
4.      Untuk melatih kemampuan dengan berbagai macam kegiatan yang terdapat didunia kerja yang diterapkan pada tempat Program Pengabdian Masyarakat.
5.      Diharapkan mampu menyusun dan menguraikan pengalaman Program Pengabdian Masyarakat .
6.      Untuk memunuhi salah satu syarat dalam menyelesaikanprogram Diploma-III Amik Medicom.

1.3       Manfaat Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat
            Yang menjadi manfaat dari kegiatan program pengabdian masyarakat adalah sebagai berikut:
             A.  Manfaat MAGANG Bagi Mahasiswa
1.      Melatih keterampilan dan tanggung jawab Mahasiswa dalam menyelesaikan pekerjaan
2.      Menambah keterampilan dan informasi yaang dimiliki oleh mahasiswa.
3.      Membuka peluang bagi mahasiswa agar dapat diterima bekerja setelah selesai kuliah.
B.     Manfaat MAGANG Bagi Perusahaan
1.             Merupakan media untuk menyampaikan informasi atau publikasi tentang perusahaan
2.             Perusahaan dalam memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan sistem kerja dari Perusahaan
3.             Perusahaan mendapatkan masukan tentang metode yang telah diterapkan atau digunakan dalam perusahaan.
1.4.Metodologi Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat
            Program Pengabdian Masyarakat PT.Manalu Jaya Travel and Tour  yang berlokasi dijalan Karya Wisata Ruko Johor Indah Permai No 1-Medan. Adapun Program Pengabdian Masyarakat  ini yaitu dilaksanakan mulai tanggal 16 Januari 2017 s/d 16 Februari 2017.
Dalam pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat dilakukan kegiatan meliputi:
1.      Tahap Persiapan
Mempersiapkan informasi dan data-data yang ingin diketahui atau diperoleh dari perusahaan sebelum melaksanakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat
                   Meninjauan secara langsung ditempat pelaksanaan kegiatan perusahaan.
2.      Penulis Laporan Kegiatan MAGANG
3.      Membuat daftar kegiatan sehari-hari selama PT.Manalu Jaya Travel and Tour.
1.5 Sistematika Penulis Laporan 
Suatu laporan dikatakan baik atau bagus apabila penulis dapat memahani isi  laporan tersebut dan dapat menjelaskan bab demi bab laporan secara sistematika.
            Sistematikan pembahasan yang digunakan dalam penulisan Program Pengabdian Masyarakat ini adalah sebagai berikut:
Bab 1              PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang Program Pengabdian  Masyarakat serta metode ysng telah digunakan  oleh penulis dalam penyusunan laporan ini.
Bab 2  SEKILAS TENTANG PT.MANALU JAYA TRAVEL AND TOUR
Pada bab ini, penulis akan menguraikan tentang berdirinya PT.Manalu Jaya Travel And Tour,struktur organisasi,dan sistem kerja yang digunakan oleh perusahaan .
Bab 3              PELAKSANAAN PROGRAM PENGABDIAN  MASYARAKAT
Isi bab ini penulis menguraikan tentang daftar kegiatan program pengabdian masyarakat,pembahasan tentang di PT.Manalu Jaya Travel And Tour Medan.
Bab 4              KESIMPULAN
Dalam bab ini diuraikan tentang kesimpulan dan saran penulis terhadap kegiatan program pengabdian masyarakat,sistem kerja perusahaan serta metode yang digunakan.












BAB 2

SEKILAS TENTANG PT.MANALU JAYA TRAVEL AND TOUR

2.1 Sejarah berdirinya PT.Manalu Jaya Travel And Tour
            Dilatar belakangi perkembangan parawisata yang sangat pesat di indonesia dan banyak biro-biro perjalanan wisata yang ada,khususnya di provinsi sumatera utara menimbulkan ide bagi Bapak Charles Manalu untuk mendirikan sebuah biro perjalanan wisata. Bertepatan pada tanggal 03 JULI 2014 beliau mulai  mendirikan biro perjalanan wisata yang diberi nama PT.Manalu Jaya Travel And Tour yang diresmikan 1 Januari 2013 dengan No izin usaha 503/ 499/SK/IUP.BR/BPW/MJ/2013 yang berlokasi di jalan Karya Wisata Ruko Johor Indah  Permai No 1-Medan,dan pada saat ini Bapak Charles Manalu merupakan pemilik serta pemegang saham pada perusahaan tersebut. Bapak Charles Manalu menduduki jabatan sebagai owner seabagai pemegang saham dalam perusahaan tersebut. Kemudian Bapak Charles Manalu beserta staffnya ulai merintis perusahaan biro perjalanan wisata tersebut hingga dapat berkembang sampai saat ini.Walaupun banyak biro-biro perjalanan wisata yang ada pada saat sekarang ini, PT.Manalu Jaya Travel And Tour tetap mendapat kepercayaan dari manalu kerjanya. Hal ini dapat terbukti dengan komitmen mereka untuk memberikan yang terbaik dalam jasa pelayannan maupun dalam bidang parawisata.
            Sampai pada saat sekarang ini PT.Manalu Jaya Travel And Tour telah memasarkan produknya baik keseluruh wilayah Indonesia maupun luar negeri, khususnya Malaysia yang diharapkan menjadi pasar wisata yang potensial.
            Dalam hal ini gambaran umum jasa pelayanan yang diberi PT.Manalu Jaya Travel And Tour adalah mengurus segala perizinan untuk berpergian ke luar negeri,menyediakan saranan transportasi sekaligus juga sebagai informasi parawisata.









2.2 Struktur  Organisasi Pengelola PT.Manalu Jaya Travel And Tour

STRUKTUR ORGANISASI
PT.MANALU JAYA TRAVEL AND TOUR

OWNER

 



DIREKTUR
WAKIL DIREKTUR
                                                 

RESERVASI & TICHETING
 
                          
 



                                 
STAFF
STAFF
STAFF
 
                                                                                                   
 








Sumber:manajemen PT.Manalu Jaya
Ø  Personalia
Jumlah keseluruhan personalia yang ada di PT.Manalu Jaya Travel Aad Tour adalah sebagai berikut:


1.Owner                         1(satu)orang
2. Direktur                          1(satu)orang
3. wakil direktur                 1(satu)orang
4. Acconting                       2(dua)orang
5. Reservasi dan ticheting            4(empat)orang

1.Tugas dan Tanggung Jawab
·         Owner/pimpimnan
Pimpinam adalah pemilik sekaligus direktur perusahaan yang hanya bertugas memantau dan mengawasi jalannya perusahaan sesuai dengan yang diinginkan.

Tugas:
1.merancang mengawasi,dan menetapkan tujuan perusahaan.
2.membuat kebijakan yang dipandang perlu untuk kemajuan perusahaan dan         kesejahteraan karyawan.
3.mencari jaringan dan klien.
4.menghadri pertemuan-pertemuan penting.
5.mengambil suatu keputusan yang dianggap perlu untuk kemajuan perusahaan.
6. menyetujui suatu hal yang akan dilakuakan untuk kepentingan perusahaan.
7. terkadang membuat paker tour dn mempromosikanya
·         Direktur
Direktur adalah orang yang memiliki posisi tertinggi di PT.Manalu Jaya Trevel And Tou

Tugas:

1. Derektur adalah untuk mengendalikan perusahaan
2. Membuat keputusan berdasarkan padakondisi perusahaan dn kebijakan
3. Untuk mengembangkan kemajuan perusahaan dan juga kesejahteraan dasar karyawan pada kebajikan perusahaan.
·         Wakil Direktur
Wakil Direktur sebagaimana yang memegang kendali perusahaan dimana Direktur tidak ada di tempat.
·         Acconting
1.      Menyiapkan dan membeli segal keperluan untuk kantor
2.      Membuat laporan hasil penjualan ticket dalam bentuk laporan kas harian (LKH)
3.      Mengontrol keadaan keuangan perusahaan (pengeluran dan pemasukan)
4.      Melakuakan pembayaran untuk setiap invoice/nota tagihan yang masuk dari agen
5.      Memindaklanjutan setiap tagihan-tagihan ke agent
6.      Memberikan laporan kepada direkturyang telah di lakuakan setiap saat dan membuat jurnal laporan keuangan tiap akhir bulan
7.      Nengecek uang perusahaan yang akan disetor kepada lion air,air asia,citilink,sriwijaya,garuda.pelni.via atau lembaga yang menyangkut keperluan sebagai perusahaan yang akan di mandatkan pimpinam seperti pembayaran pajak,listrik,telepon,air,dll.
·         Reservasi/ Ticheting
Bagian ini bertanggung jawab dalam menerima konsumen yang inggin membeli Tiket & Paket Tour bersama Staff perusahaan.
1.      Memilki kemampuan komputer
2.      Mampu memberikan informasi yang jelas kepada konsumen/penjumpang
3.      Mampu berkomunukasi dengan baik
4.      Jujur dan bertanggungjawab dalam bekerja
5.      Memilki pengalaman pada ticheting
6.      Berpenampilan menarik
7.      Mendata maupun nengecek perlengkapan operasional untuk menumpang kelancaran kerja,seperti ketersediaan tiket,fungsi system,ddl
8.      Menerima atau menjawab telepon yang masuk
9.      Mencetak (issued) tiket pesawat untuk penumpang
10.  Menerima pesanan tiket baik secara langsung maupun via telepon  (reservation online).

2.3 Uraian Tugas-Tugas
            Departemen perjalanan wisata menangani segala pemesanan penjualan paket-paket wisata baik domestik maupun internasional  PT.Manalu Jaya Travel And Tour dalam penanganan perjalanan wisata mengadakan kerjasama dengan pihak hotel dan juga travel agent lain.
Adapun tugas-tugas yang dilakukan pada departemen perjalanan wisata adalah sebagai berikut :
-          Menangani perjalanan paket domestik,seperti  3D/2D bukit lawang, 6D/5N Danau Toba melalui telepon,adapun konsumen yang datang langsung.
-          Memesan akomodasi yang akan digunakan oleh konsumen.
-          Menyediakan transportasi atau fasilitas yang akan digunakan oleh konsumen baik menggunakan transportasi umum maupun sewa mobil untuk wisatawan maupun untuk umum dan tiket pesawat tetapi harus memenuhi ketentuan yang berlaku.
-          Membuat voucher untuk penggunakan akomodasi.
-          Memberikan harga khusus pada saat tertentu.
Secara detail ruang lingkup kegiatan yang dilakukan di PT.Manalu Jaya Travel And Tour adalah sebagai berikut :
1.      PT.Manalu Jaya Travel And Tour memiliki paket wisata sendiri,walaupun demikian tetap menjalin kerjasama dengan travel lainnya khususnya paket wisata keluar negeri (outbound tour). Walaupun pada kenyataannya paket tersebut jarang ada konsumen yang membelinya.

2. Menjual tiket pesawat udara,kapal,pelni,tour,dan angkutan umum wisata PT.Manalu Jaya Travel  And Tour tidak dapat menerbitkan tiket sendiri karena dalam penanganan tiket PT.Manalu Jaya Travel And Tour masih menjadi sub agent sehingga masih bekerja sama dengan agen-agen lainnya. PT.Manalu Jaya Travel And Tour  juga menyediakan angkutan umum wisata,penyewaan mobil yang juga bekerjasama dengan konsorsium angkutan . Wisata Nasional yang semuanya harus dipesan terlebih dahulu kepada agen-agen lainnya.
3. Mengadakan pemesanan sarana akomodasi,mengeluarkan voucher untuk fasilitas yang akan digunakan para konsumen yang menginap dihotel tersebut.
4.Mengurus dokumen perjalanan passport ataupun visa agar konsumen mendapatkan kemudahan dalam pengurus dokumen tersebut di keimigrasian.

2.4 Hubungan Kerja Penanganan Perjalanan Dengan Departemen  Lainnya
  Depertemen perjalanan dengan depertemen lain sangat berkaitan satu dengan yang lain seperti  :
. Departemen Keungan
  Dalam hal ini depertemen perjalanan wisata bekerjasama dengan bagian keuangan dalam hal pembayaran dan penghitungan penjualan paket wisata.
. Marketing
 Departemen ini selalu bekerjasama dengan depertemen perjalanan untuk pembuatan paket wisata yang akan dipasarkan kepada konsumen.
2.5 Fasilitas Yang Dimiliki
            Fasilitas merupakan sarana pendukung dalam operasi kerja. Dengan adanya fasilitas yang tersedia akan dapat memperlancar operasional kerja bagi karyawan. Adapun fasilitas kerja yang dimiliki PT.Manalu Jaya Travel And Tour adalah sebagai berikut :
·         Telepon                       6(Enam)Unit
·         Tablet                          1(Satu)Unit
·         Komputer                    6(Enam)Unit
·         Printer                         3(Tiga)Unit
·         Kursi Tamu                 4(Empat)Unit
·         Kalkulator                   3(Tiga)Unit
·         Air Conditioner          1(Satu)Unit
·         Meja Kantor                6(Enam)Unit








BAB 3
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG
3.1  DAFTAR KEGIATA
DAFTAR KEGIATAN KARYAWAN
PT.MANALU JAYA TRAVEL AND TOUR
Tanggal 16 Januari s/d 16 Februari 2017

Senin,16 Januari 2016
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
7.30-8.00
Kebersihan

2
8.00-11.30
Belajar Mengreport dan menulis ke invoice

3
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke mandiri

4
12.00-13.00
Breafing Siang

5
13.00-14.00
Makan siang

6.
14.00-17.00
Mengetik isi reportan invoice ke laporan

7
17.00
Pulang


Selasa,17 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
7.30-8.00
Kebersihan

2
8.00-11.30
Belajr Mengrepor dan menulis ke invoice

3
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke mandiri

4
12.00-13.00
Breafing Siang

5
13.00-14.00
Makan siang

6.

Mengetik isi reportan invoice ke laporang

7
17.00
Pulang


Rabu,18 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
7.30-8.00
Kebersihan

2
8.00-11.30
Report dan menulis ke invoice

3
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke mandiri

4
12.00-13.00
Report dan menulis ke invoice


5.
13.00-14.00
Istirahat

6
14.00-17.00
Mengetik isi invoice ke laporan

7
17.00
Pulang


Kamis,19 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
7.30-8.00
Kebersihan

2
8.00-11.30
Report dan menulis ke invoice

3
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke mandiri

4
12.00-13.00
Breafing Siang

5
13.00-14.00
Makan siang

6.
14.00-17.00
Mengetik isi reportan invoice ke laporan

7
17.00
Pulang


Jumat,20 januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
7.30-8.00
Kebersihan

2
8.00-11.30
Report dan menulis ke invoice

3
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke mandiri

4
12.00-13.00
Mengetik isi reportan invoice ke laporan

5
13.00-14.00
Makan siang

6.
14.00-15.00
Report dan menulis ke invoice

7
15.00-14.30
Kebersihan halaman

8
14.30-17.00
Istirahat

9
17.00
Pulang


Sabtu,21 Januari 2017
Minggu ,22 Januari 2017

Senin,23 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12:00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12:00-13:25
 Menyusun invouce ke folder PAKAR

4.
13:25-14:00
Mengetik  isi report ke laporan

5.
14:00-15:45
Istirahat

6
15:00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

7.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

8
17:05
Pulang


Selasa , 24 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17:00
Pulang






Rabu ,25 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17.00
Pulang


Kamis ,26 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17.00
Pulang


Jumat ,27 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17.00
Pulang

No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17.00
Pulang


Sabtu,28 Januari 2017 LIBUR
Minggu, 29 Januari 2017 LIBUR

Senin ,30 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
07.30-08.00
Kebersihan

2
8.00-10.00
Menghendal Tamu dan Staff Agent

3
10.00-12.00
Report dan menulis ke invoice

4
12.00-12.30
Menabung pendapatan ke Bank Mandiri

5
12.30-13.00
Breafing

6
13.00-14.00
Istirahat

7
14.00-17.00
Membooking tiket pesawat

8
17.00
Pulang dan menerima Gaji

                                   
Selasa ,31 Januari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
07.30-8.00
Kebersihan

2
8.00-12.00
Report dan menulis ke invoice

3
12.00-13.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

4
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-18.00
Mengerjakan pembukuan diakhir bulan

6
18.00
Pulang


Rabu ,1 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17.00
Pulang


Kamis ,2 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17.00
Pulang

Jumat , 3 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
07.30-08.00
Kebersihan

2
8.00-10.00
Menghendal Tamu dan Staff Agent

3
10.00-12.00
Report dan menulis ke invoice

4
12.00-13.00
Menabung pendapatan ke Bank Mandiri

5
13.00-14.00
Istirahat

6
14.00-17.00
Report  dan menulis ke invoice


Sabtu ,4 Februari 2017 LIBUR
Minggu ,5 Februari 2017  LIBUR

Senin ,6 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17.00
Pulang


Selasa ,7 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
07.30-08.00
Kebersihan

2
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

3.
11.30-13.00
Mengetik isi report ke laporan

4
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

6.
17.00
Pulang


Rabu , 8 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

3.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

4.
13.00-14.00
Istirahat

5
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

6.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

7
17.00
Pulang


Kamis ,9 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00-11.30
Report dan menulis ke invoice satu persatu

2.
11.30-12.00
Menabung pendapatan ke bank mandiri

4.
12.00-13.00
Mengetik  isi report ke laporan

5.
13.00-14.00
Istirahat

6.
14.00-16.00
Mengetik isi report ke laporan

7.
16.00-17.00
Report dan menulis ke invoice satu persatu

8.
17.00
Pulang



Jumat,10 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1.
08:00-09:00
Kbersihan

2.
09:00-10:00
Menabung ke bank mandiri

3.
10:00-13:00
Mengetik isi report kelaporan

4.
12:00-13:
Istirahat

5.
13:00-14:00
Mencatan pendapatan bank mandiri

6.
15:00-16:00
Mencatat pendapatan bank BRI


Sabtu ,11 Februari 2017 LIBUR
Minggu ,12 Februari 2017  LIBUR

Senin,13februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1.
08:00-09:00
Kebersihan

2.
09:00-11:00
Menyusun invoice ke folder PASKAR

3
11:00-12:00
Report dan menulis invoice satu persatu

4.
12:00-13:00
Istirahat

5.
13:00-14:45
Report dan menulis invoice satu persatu

6.
14:45-16:00
Menyusun onvoice ke folder PASKAR


Selasa ,14 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1.
08:00-09:00
Kebersihan

2.
09:00-11:35
Report dan menulis invoice satu persatu

3.
11:35-12:00
Menabung ke Bank mandiri

4.
12:00-13:00
Istirahat

5.
13:00-15:25
Menyusun invoice ke folder PASKAR

6.
15:25-17:00
Mencatat pendapatan Bank Mandiri dan BRI


Rabu ,15 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1.
08:00-09:00
Kebersihan

2.
09:00-10:00
Menyusun invoice ke folder PASKAR

3.
10:00-11:00
Menabung ke Bank mandiri dan BRI

4.
11:00-12:00
Report dan menulis invoice satu persatu

5.
12:00-13:00
Istrahat

6.
13:00-16:00
Report dan menulis invoice satu persatu


Kamis ,16 Februari 2017
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1.
08:00-09:00
Kebersihan

2.
09:00-10:00
Menyusun invoice ke folder PASKAR

3.
10:00-12:00
Mencatat invoice satu presatu

4.
12:00-13:00
Menabung ke Bank mandiri

5.
13:00-14:00
Istirahat

6.
14:00-16:00
Report dan menulis invoice satu persatu




BAB 4
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
            4.1.1    Tentang system kerja di PT.Manalu Jaya Travel And Tour
Kesimpulan hasil selama melaksanakan program pengabdian masyarakat ,mengenai system kerja di PT.Manalu Jaya Travel And Tou adalah kita harus mengetahui beberapa informasi yang diperlukan seperti :
a.       Berapa orang yang akan mengadakan perjalanan
b.      Jenis paket yang akan dibeli
c.       Dimana tempat yang dihubungi untuk informasi yang selanjutnya
d.      Akomodasi yang akan dipakai
e.       Nama-Nama yang akan melakukan perjalanan

Jenis pembayaran yang digunakan adalaha :
a.       Dengan tunai atau cash
b.      Kartu kredit
c.       Giro

4.2 SARAN
            4.2.1 Saran untuk PT.Manalu Jaya Travel And Tour
1. Komunikasi yang sudah berjalan dengan baik untuk atasan dengan bawahan maupun      ,                sebaiknya agar tetap dipertahakan dan ditingkatkan dengan sebaik-baiknya.
            2. PT.Manalu Jaya Travel And Tour tetap jaya dan berkembang
            4.2.2 Saran untuk Medicom
1. Agar fasilitas dikampus dilengkapi terutama lab computer,kebersihan kampus dan buku-buku perpustakaan
2.Agar Manajemen dan dosen pembimbing hendaknya melakukan kunjungan selama PPM berlangsung ditempat kerja bagi mahasiswa yang sudah bekerja.
4.2.3 Saran untuk Mahasiswa
1. Diharapkan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat hendaknya memberikan kesan yang baik kepada perusahaan tempat Program Pengabdian Masyarakat.
2. Bagi mahsiswa yang akan melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat membuat  persiapan khusus mengenai gambaran tentang situasi kerja yang akan dihadapi di dalam perusahaan yang akan dijadikan tempat Program Pengabdian Masyarakat.
3. Calon mahasiswa/I yang akan MAGANG harus memberikan kesan yang baik di tempat MAGANG nanti.
4. Mendalami ilmu tidak sebatas  didapat dari Institusi pendidikan dimana mahasiswa tersebut kuliah.
5. Perlunya bagi setiap calon mahasiswa mengetahui tujuan dari program studi yang akan diambil kelak disebuah pendidikan sehingga lebih mudah dalam menspesialisasikan diri terhadap program studi yang diambil.

           

Comments

Post a Comment