RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2 PAK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : SD 1 Sipoholon
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                        : III (Tiga)/ 1 (Satu)
Materi Pokok                          : Aku Bersyukur akan Turunnya Hujan
Pertemuan                               : 1 x Pertemuan
Alokasi Waktu                        : 2 x 4 JP

A.    Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda benda yang dijumpai dirumah dan disekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri  kehadiran Allah   melalui  iklim dan gejala-gejala  alam
2.1  Menunjukkan kepedulian terhadap iklim dan gejala-gejala  alam
3.1  Menceritakan  kehadiran Allah dalam iklim dan gejala-gejala  alam
4.1  Menerapkan sikap kepedulian terhadap iklim dan gejala-gejala  alam

C.     Indikator  Pencapaian Kompetensi
·         Menceritakan cara mensyukuri kehadiran Allah dalam berbagai keadaan cuaca hujan
·         Mensyukuri kehadiran Allah dalam turunnya musim hujan
·         Menyebutkan berbagai cara dalam mengucap syukur atas turunnya hujan
·         Menunjukkan perilaku bersyukur dengan berbagai cara atas musim atau cuaca hujan.

D.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa akan dapat Menceritakan cara mensyukuri kehadiran Allah dalam berbagai keadaan cuaca hujan
·         Siswa akan dapat Mensyukuri kehadiran Allah dalam turunnya musim hujan
·         Siswa akan dapat Menyebutkan berbagai cara dalam mengucap syukur atas turunnya hujan
·         Siswa akan dapat Menunjukkan perilaku bersyukur dengan berbagai cara atas musim atau cuaca hujan.

E.     Materi Pembelajaran
Aku bersyukur akan turunnya hujan, mensyukuri anugrah Allah

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model Pembelajaran : Penemuan
Metode : Ceramah, bercerita,tanya jawab dan Penugasan

G.    Media, Alat dan Sumber belajar
·         Media : gambar dan pensil warna
·         Alat : Spidol dan Whitebord
·         Sumber belajar : Alkitab dan Kidung Jemaat ,Buku pegangan guru dan siswa pendidikan agama Kristen dan budi pekerti kelas III.

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan :
·       Salam
·      Ibadah   : Bernyanyi Kp; Kumau Bersyukur dengan Juruselamatku
·      Absensi
·      Apersepsi :  Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran ;
·      Mempersiapkan alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan atau gambar di papan tulis/white board.
20 menit
2
Kegiatan inti :
1. Mengamati
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengingat pengalamannya ketika hujan turun.
2. Mengeksplorasi
·         Guru meminta peserta didik menceritakan pengalamannya ketika hujan turun
·         Guru mengajak peserta didik untuk selalu bersyukur dari berbagai keadaan dan dapat mengungkapkannya.
3. Mengasosiasikan
·         Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar matahari, awan, hujan po yang menunjukkan keadaan cuaca. Peserta didik diajak untuk menilai diri sendiri tentang bagaimana dia dapat bersyukur dalam berbagai keadaan sekalipun hari hujan dipagi hari saat hendak pergi sekolah, dengan mengingat (1 tesalonika 5:18).
·         Guru menceritakan bagaimana Allah peduli pada manusia hingga menurunkan hujan untuk kebaikan manusia .
4. Mengkomunikasikan
·         Guru meminta peserta didik untuk memasangkan ayat Alkitab yang ada dibuku.
30  menit
3
Penutup : Kesimpulan
·      Guru memimpin sharing bersama siswa, dan menyimpulkan materi yang dipelajari.
·      Guru melakukan evaluasi
·      Guru mereview kembali
·      Guru melakukan ibadah penutup
20  menit
I.       Penilaian Hasil belajar
Guru melakukan penilaian peserta didik dalam kegiatan:
1. Pada saat peserta didik berdiskusi
Cara penilaiannya sebagai berikut:
No.
Nama
Peserta
Didik
Aspek yang
Dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P
1.











2.











3.











4.











5.











Dst.











Aspek dan cara penilaian:
a. Kejelasan dan kedalaman informasi
1) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi lengkap dengan sempurna, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi lengkap dengan kurang sempurna, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi kurang lengkap, skor 10.
b. Keaktifan dalam diskusi
1) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
c. Kejelasan dan kerapian presentasi
1) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
2) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
3) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
4) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan kurang rapi, skor 10.
2. ”Refleksi Tingkah Laku”
Cara penilaiannya sebagai berikut:
No.
Nama Peserta

Didik
1
2
3
4
5
Jumlah
Keterangan
1.








2.








3.








4.








5.








Dst.









3. Kolom “Ayo Berlatih”
a. Kolom Pilihan ganda dan uraian.
Skor penilaian sebagai berikut:
No.
Soal
Cara penilaian
Skor
maks.
1
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sangat lengkap, skor 2.
b.Jika peserta didik dapat menuliskan lengkap, skor 1,5.
c. Jika peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 1.
2
2
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sangat lengkap, skor 2.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan lengkap, skor 1,5.
c. Jika peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 1.
2
3
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sangat lengkap, skor 2.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan lengkap, skor 1,5.
c. Jika peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 1.
2
4
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sangat lengkap, skor 2.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan lengkap, skor 1,5.
c. Jika peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 1.
2
5
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sangat lengkap, skor 2.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan lengkap, skor 1,5.
c. Jika peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 1.
2

Skor Maksimal
10

b. Tugas
Skor penilaian sebagai berikut:
1) Tugas produk
Cara penilaiannya adalah:
No.
ASPEK
4
3
2
1
1.
Perencanaan
a. Persiapan
b. Rumusan Judul




2.
Pelaksanaan
a. Persiapan alat
b. Teknik pencarian
c. Kreativitas




3.
Hasil produk
a. Bentuk fisik
b. Inovasi





Total Skor




Keterangan penilaian:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup baik
1 = kurang baik
2) Tugas problem solving
Cara penilaiannya adalah:
a) Jika peserta didik dapat menuliskan dengan benar dan dikumpulkan tepat waktu, skor 100.
b) Jika peserta didik dapat menuliskan dengan benar dan dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 75.
c) Jika peserta didik dapat menuliskan dengan kurang benar dan dikumpulkan tepat waktu, skor 50.
d) Jika peserta didik dapat menuliskan dengan kurang benar dan dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 25.
3) Tugas proyek
Cara penilaiannya adalah:
No.
ASPEK
4
3
2
1
1.
Perencanaan
a. Persiapan
b. Rumusan Judul




2.
Tahapan Proses Pembuatan
a. Sistimatika penulisan
b. Keakuratan sumber data
c. Analisis data
d. Penarikan kesimpulan




3.
Tahap Akhir
a. Performans
b. Presentasi/Penguasaan





Total Skor




Keterangan penilaian:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup baik
1 = kurang baik
Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah:
a. Nilai sikap: rata-rata ” Refleksi Tingkah Laku”
b. Nilai pengetahuan: nilai rata-rata pilihan ganda, essay
c. Nilai Keterampilan: nilai diskusi dan tugas



Mengetahui,
Kepala SDN  1 Sipoholon



N.Nainggolan,S.Pd
NIP.
Sipoholon ,         2019
Guru  MP-PAK




Susi.Adelina.Silitonga
NIM. 16.04.11.6465







Comments